Kamis, 23 Maret 2017

[Pembahasan OSK Informatika Tahun 2006] Tim A sedang bertanding melawan Tim B ...

Soal     :

Tim A sedang bertanding melawan Tim B. Tim A lebih banyak memenangkan pertandingan daripada Tim B. Jika pertandingan ini dimenangkan oleh Tim B, manakah dari pernyataan berikut yang PALING TIDAK MUNGKIN ?  

(A) Tim A dan Tim B memenangkan pertandingan yang sama banyaknya

(B) Tim B lebih banyak memenangkan pertandingan daripada Tim A

(C) Tim A lebih banyak memenangkan pertandingan daripada Tim B

(D) Tim A dan Tim B sama-sama pernah kalah oleh Tim C

(E) Tim C lebih banyak memenangkan pertandingan daripada Tim A dan Tim B

Jawab :

            Andaikan saja skor Tim A : Tim B adalah X+1 : X,

            Pernyataan A, Tim A dan Tim B memenangkan pertandingan yang sama banyaknya, ini mungkin terjadi karena pertandingan ini dimenangkan oleh Tim B jadi skor Tim B bertambah satu. Maka akan menjadi X+1 : X+1

            Pernyataan B, Tim B lebih banyak memenangkan pertandingan daripada Tim A. Hal ini tidak mungkin terjadi karena dari awal Tim A telah memenangkan pertandingan lebih banyak daripada Tim B, kalau ada kemungkinan mungkin Skor Tim A dan Tim B sama banyaknya.

            Pernyataan C, Tim A lebih banya memenangkan pertandingan daripada Tim B. Ini mungkin terjadi Andai saja perbandingan skor mereka adalah X+2 : X (Perbandingan Sebelum Tim B memenangkan pertandingan kali ini). lalu perbandingan tersebut akan berubah menjadi X+2 : X+1 (Perbandingan Setelah Tim B memenangkan pertandingan kali ini).

            Pernyataan D, Tidak ada yang tahu apakah Tim A dan Tim B pernah dikalahkan oleh Tim C, Jadi Hal ini bisa saja pernah terjadi.

            Tidak ada yang tahu perbandingan banyak skor Tim C terhadap Tim B atau Perbandingan skor Tim C  terhadap Tim A, Jadi, Hal ini bisa saja pernah terjadi atau mungkin terjadi.

            Jadi,Pernyataan yang paling tidak mungkin adalah Pernyataan B karena dari awal Tim A telah memenangkan pertandingan lebih banyak daripada Tim B.

Tidak ada komentar:

Adsense