Senin, 11 Mei 2020

PERUBAHAN PADA MAKHLUK HIDUP

1.      Setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini selalu mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan pada makhluk hidup ditandai dengan pertambahan tinggi, besar ruas, dan berat. Pertumbuhan makhluk hidup dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

a.       Pertumbuhan tumbuhan

Setiap hari tanaman bertambah tinggi. Batangnya bertambah besar dan ranting-rantingnya banyak bercabang. Begitu pula daun tanaman itu akan bertambah lebar. Bertambah besar dan tingginya tanaman itu disebut pertumbuhan

 

b.      Pertumbuhan hewan

Induk ayam mengerami telurnya agar menetas menjadi anak ayam. Selama kurang lebih 21 hari telur yang dierami induk ayam akan menetas menjadi anak ayam. Anak ayam yang baru menetas badannya kecil dan bulunya sangat halus. Setelah beberapa hari kemudian, anak ayam akan tumbuh menjadi besar dan bulunya tambah banyak. Bertambah tinggi, berat, dan besarnya badan anak ayam itu dinamakan pertumbuhan.

 

c.       Petumbuhan manusia

Dari bayi manusia mengalami pertumbuhan. Tubuh kita menjadi besar, tinggi, dan berat. Bertambah besar, berat, dan tingginya tubuh kita disebut pertumbuhan.

Pada dasarnya kita tumbuh, walaupun pertumbuhan pada setiap orang berbeda-beda. Mulai dari bayi akan tumbuh bertambah besar menjadi anak anak remaja, dan akhirnya dewasa.

Sedangkan bentuk pertumbuhannya berbeda-beda, seperti tinggi, kurus, pendek, dan gemuk.

 

2.      Dalam menuju pertumbuhan yang sehat, kita harus makan dan minum yang cukup dan teratur. Sejak bayi orang tua kita memberi minum susu secara teratur sehingga bagi tumbuh menjadi besar. Semakin besar tubuh kita, semakin banyak pula makanan dan minuman yang kita perlukan

3.      Pemerintah mendukung usaha orang tua dalam merawat bayi dan anak balita. Pemerintah dan masyarakat mendirikan posyandu. Posyandu singkatan dari Pos Pelayanan Terpadu. Salah satu kegiatan posyandu adalah melakukan penimbangan terhadap bayi dan anak balita (dibawah lima tahun). Hasil penimbangannya dicatat oleh petugas di dalam kartu menuju sehat yang disingkat KMS.

 

4.      Bayi dan anak balita yang menderita diare dapat diberikan oralit atau larutan garam dan gula

 

5.      Zat-zat yang diperlukan oleh tubuh kita antara lain :

a.       Karbohidrat (hidrat arang), yaitu zat makanan untuk menghasilkan tenaga.

Terdapat pada beras, jagung, ketela pohon, sagu, kentang, gandum, ketela rambat, dan sebagainya.

b.      Lemak, yaitu zat makanan untuk menghasilkan panas dan cadangan makanan.

Terdapat pada gajih, susu, kacang, kelapa, kelapa sawit, biji-bijian, margarin, dan sebagainya.

c.       Vitamin

-        Vitamin A terdapat pada hati, minyak ikan, mentega, dan bahan tumbuhan yang berwarna kuning atau jingga contoh : tomat. wortel, papaya, dan sebagainya.

-        Vitamin B terdapat pada telur, susu, hati, bekatui, kacang-kacangan, sayur- sayuran, dan sebagainya.

-        Vitamin C terdapat pada berbagai sayuran dan buah-buahan seperti jeruk, tomat, nanas, dan sebagainya.

-        Vitamin D terdapat pada minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, beberapa jenis ikan, dan sinar matahari.

d.      Mineral

Tubuh kita memeperoleh mineral dan air minum dan bahan makanan seperti sayur-mayur, susu, telur, daging, bumbu masak alami, dan sebagainya. Yang termasuk mineral adalah zat besi, zat yodium, zat fosfor, dan sebagainya. Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Air yang dikeluarkan tubuh setiap hari kira-kira 3 liter melalui air seni, keringat, tinja, dan pernapasan.

 

Tidak ada komentar:

Adsense