Rabu, 20 Mei 2020

AIR MEMILIKI SIFAT-SIFAT TERTENTU

1.      Salah satu wujud dari zat adalah cair. Sirup, minyak tanah, bensin, dan air adalah contoh dari zat cair.

2.      Air sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk. Tanpa air makhluk hidup akan mati.

3.      Sifat-sifat air antara lain sebagai berikut :

a.       Mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

b.      Permukaan yang tenang selalu mendaftar.

c.       Bentuknya sesuai dengan tempatnya dan mempunyai berat.

d.      Memberikan tekanan ke semua arah.

e.       Dapet meresap melalui celah-celah kecil.

f.       Dapat berubah wujud jika dipanaskan atau didinginkan.

g.      Air dapat melarutkan zat-zat tertentu.

4.      Air yang didinginkan terus-menerus dapat membeku. Air yang kita rebus dalam cerek lama-kelamaan akan habis karena menguap. Apabila di dekat paruh cerek, kita hadapkan piring maka pada piring tersebut akan terlihat titik-titik air. Percobaan tersebut untuk membuktikan terjadinya penguapan.

5.      Sifat permukaan air yang selalu mendatar, dimanfaatkan oleh tukang batu untuk memasang ubin bata. Alat yang digunakan itu disebut waterpass

6.      Peristiwa meresapnya benda cair melalui celah-celah kecil disebut kapilaritas. Celah-celah kecil atau halus yang diresapi benda cair itu disebut sebagai lubang pembuluh kapiler.

7.      Tekanan air pada berbagai kedalaman berbeda-beda. Besarnya tekanan zat cair terhadap benda yang dimasukkan ke dalamnya, tergantung pada jarak benda dari permukaan zat cair. Semakin dalam semakin besar pula tekanan air.

8.      Pascal menyebutkan bahwa tekanan yang diberikan kepada zat cair yang berada di dalam sebuah ruangan tertutup akan diteruskan oleh zat cair itu ke segala arah sama rata.

9.      Di daerah Kalimantan, air tidak hanya dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci, tetapi juga dimanfaatkan sebagai sarana lalu lintas. Sungai-sungai di daerah ini sering digunakan untuk menghanyutkan balok-balok kayu dari hulu ke hilir. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya transportasi.

10.  Air mengalir dapat menimbulkan tenaga. Makin besar aliran air itu, makin besar pula tenaga yang dapat dibangkitkan nya. Tenaga air dapat pula dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik. Aliran air yang deras seperti pada air terjun dapat dimanfaatkan menjadi tenaga untuk menggerakkan turbin. turbin adalah sebuah alat berbentuk roda yang terbuat dari besi dan akan berputar apabila terdorong oleh harus listrik. Cepat lambatnya turbin ditentukan oleh besarnya arus air yang ditimbulkan. Semakin besar arus air, semakin cepat pula turbin itu berputar. Perputaran roda turbin akan memberikan putaran pada generator pembangkit tenaga listrik.

besarnya arus listrik yang dihasilkan generator bergantung pada cepat lambatnya putaran turbin. Sumber energi listrik yang berasal dari tenaga air disebut pembangkit listrik tenaga air (PLTA)

11.  Air dapat melarutkan zat-zat tertentu, misalnya garam dan gula. Ada zat-zat tertentu yang tidak larut dalam air, seperti lilin, minyak, dan aspal.

12.  Jika kita memasukkan benda ke dalam air, maka benda-benda itu kemungkinan dapat tenggelam, terapung, atau melayang.

a.       Tenggelam, bila barat jenis benda lebih besar daripada berat jenis air, atau bila berat jenis benda lebih besar daripada air yang didesak oleh benda sehingga benda tersebut akan sampai ke dasar.

b.      Terapung, bila berat jenis benda lebih kecil dari berat jenis air, atau bila berat jenis benda lebih kecil daripada air yang didesak benda sehingga benda tersebut berada di permukaan air.

c.       Melayang, bila berat jenis benda sama dengan berat jenis air yang didesak oleh benda sehingga benda tersebut berada di antara permukaan dan dasar.

13.  Pada musim kemarau kita berharap agar hujan segera turun. Suhu panas memang memungkinkan sekali untuk terjadinya hujan. Siklus terjadi hujan adalah sebagai berikut : karena terkena sinar matahari, maka air di laut menguap dan menghasilkan uap air → uap air naik ke atas membentuk awan → awan bergelombol membentuk mendung → terjadi hujan → airnya meresap ke dalam tanah → membentuk mata air → mengalir lagi ke sungai besar → sampai di muara →terus ke laut → begitu seterusnya.

14.  Air membeku pada suhu 0°C dan mendidih pada suhu 100°C. Bila air pada suhu 0°C dipanaskan sampai suhu 4°C volumnya bukan bertambah, melainkan menyusut. Peristiwa itu disebut anomali air. Air mempunyai volum terkecil pada suhu 4°C. pada suhu 4°C, I kilogram air mempunyai volum 1 liter (1.000cm3)

Tidak ada komentar:

Adsense